Resep Cake Sarang Semut Karamel Gampang Tanpa Mixer

Lamaaa sekali ga buat kue cake sarang semut karamel ala siska dewi lestariini. Setiap mau buat pasti selalu tanya resep ke mama. Baiklah, saya tulis aja disini. Jadi nanti tinggal liat aja. Pokoknya setiap buat cake ini, sudah cocok sama resep ini. Buatnya juga gampang, no mixer lho. Dan cake ini salah satu kesukaan anak-anak saya, mungkin karena teksturnya yang menul-menul itu kali ya terus gak eneg makannya. Nakar bahannya juga kita ga pake timbang-timbang, pakai gelas belimbing aja ya. orang tua kan biasanya gitu. Ngaduk-ngaduknya juga pakai tangan lho, hehe. Kalau mau pake alat pengaduk (whisk) bisa kok.


Resep Cake Sarang Semut Karamel
Bahan:
2 1/2 gelas gula pasir
8 butir telur
3 gelas terigu (saya pakai segitiga biru)
3 gelas air panas
2 sdm soda kue
1 bungkus blue band (200 gram)
3/4 kaleng susu kental manis
2 bh vanili powder

Cara Membuat Cake Sarang Semut Karamel
Sangrai gula sampai menjadi karamel dg menggunakan api sedang, saat membuat harus selalu diaduk agar tidak gosong.
Setelah gula pasir menguning dan menjadi karamel (jangan kelamaan, nanti karamelnya gosong) langsung masukkan air panas pelan-pelan, aduk biarkan sampai mendidih, kemudian angkat, sisihkan.
Adonan berikutnya, masukkan mentega ke dalam wadah, campurkan telur, tepung dan susu secara bergantian sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Masukkan soda kue dan vanili powder ke adonan, sebelumnya soda kuenya diberi sedikit air dulu.
Masukkan karamel ke adonan, aduk rata. Saring adonan agar hasilnya lembut dan mulus.
Pindahkan ke loyang bulat (baking pan) yg sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu, panggang di atas kompor dg menggunakan tatakannya atau bisa juga menggunakan oven.10 menit pertama, biarkan terbuka tutupnya, kemudian tutup baking pan, panggang kurang lebih 10-15 menit.
Cek dengan cara menusuk-nusuknya dg lidi, jika sudah tidak ada yg menempel pada lidi, artinya kue matang.

Komentar